CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Kamis, 23 Oktober 2008

Tutorial VirtualBox ubuntu - install windows / linux di VirtualBox

Tutorial VirtualBox ubuntu - install windows / linux di VirtualBox
VirtualBox adalah Software Emulator untuk menginstall sistem operasi di dalam sistem operasi, seperti virtual machine. Kita dapat menjalankan beberapa sistem operasi secara bersaamaan, dengan menggunakan virtual box kita dapat melakukan testing sistem operasi tanpa perlu di install-real, dan kita bisa belajar jaringan dengan virtualbox.
VirtualBox dapat di install di berbagai macam platform seperti : windows, Mac, Linux Dll. Percobaan pada tulisan ini dilakukan pada sistem operasi ubuntu Linux, namu dapat diterapkan pada sistem operasi yang lainnya.
Install Virtual Box :
$sudo dpkg -i virtualbox.x.x.deb
Tambahkan user anda agar menjadi bagian dari group vboxusers:
$sudo vim /etc/group
vboxusers:x:127:
anda tambahkan user anda pada groups tersebut contoh :
vboxusers:x:127:wehol
setelah terinstall akan ada menu virtualbox yang terletak di : Application → System Tools → sun xvm virtualbox , jika belum ada menunya .. silakan anda restart sistem anda.
• Install Sistem Operasi Windows Di virtualbox
Jalankan VirtualBox dan klik new untuk menginstall Sistem Operasi baru klik next dan akan ditanyakan sistem operasi apa yang akan kita install, pada tulisan ini saya akan menginstall sistem operasi windows xp profesional. Masukan namanya misal windows, dan pada OS Type pilh windows XP

• kemudian akan ditanya Berapa memori yang akan dipakai klik next jika sudah selesai

• Membuat Virtual Disk

Klik new untuk membuat virtual disk untuk windows xp anda, kemudian anda next dan pilih dinamically expanding image. Kemudian next dan tentukan dimana letak image virtual disk anda disimpan dan tentukan berapa space yang dipakai untuk windows xp cukup 3 GB. Jika sudah dikonfigurasi klik next dan finish.
Untuk menginstall windows XP, masukan cd windws xp daan, pilih image windows xp yang sudah dibuat tadi dan klik start. Dan akan ditanya memilih boot dari man, anda pilih dari cdrom. Lakukan instalasi seperti biasa.
Berikut screesnshootnya :



By : w3hol - w3hol.ubuntu@gmail.com
Yahoo Messenger : w3hol

Entri ini dituliskan pada Juli 24, 2008 pada 10:32 am dan disimpan dalam ubuntu. yang berkaitan: tutorial virtual box ubuntu linux, virtual box, virtualbox. Anda bisa mengikuti setiap tanggapan atas artikel ini melalui RSS 2.0 pengumpan. Anda bisa tinggalkan tanggapan, atau lacak tautan dari situsmu sendiri.

0 komentar: